Kesulitan Belajar

Kesulitan Belajar atau Gangguan Belajar (Learning Disorder, LD) adalah gangguan belajar pada anak dan remaja yang ditandai oleh adanya kesenjangan yang signifikan antara taraf intelegensi dengan kemampuan akademik yang seharusnya dicapai. Hal ini disebabkan oleh gangguan di dalam sistem syaraf pusat otak (neurologi) yang menimbulkan gangguan perkembangan bicara, berbahasa serta kemampuan akademiknya.

Bila tidak ditangani dengan baik dan benar akan menimbulkan berbagai bentuk gangguan emosional (psikiatrik) yang akan berdampak buruk bagi perkembangan kualitas hidupnya dikemudian hari.

Kepekaan orangtua, guru di sekolah serta orang-orang di sekitarnya sangat membantu dalam mendeteksinya, sehingga akan dapat memperoleh penanganan dari tenaga profesional sedini dan seoptimal mungkin, sebelum menjadi terlambat.

Sebagian orangtua lebih senang bila disebut anaknya Anak Anak Belajar Berbeda (AABB), karena memang cara belajar anaknya berbeda dengan anak-anak pada umumnya.

Beberapa nama tokoh kesohor yang teridentifikasi mengalami kesulitan belajar antara lain adalah:
Winston Churchil, Thomas Alfa Edison, Hans Christian Anderson, Cher, Jackie Stewart, Albert Einstein, Nelson Rockefeller, Magic Johnson, Tom Cruise, Lee Kwan Yew, dan … masih banyak lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *